Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah SD, SLB, SMP, SMA dan SMK Lengkap

Diposting oleh On 11:29 PM

Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah SD-SLB-SMP-SMA dan SMK Lengkap

Perjalanan waktu sampailah pada abad ke-21 ini, kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan, kebiasaan senang membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif.

Berdasarkan hal itulah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literasi sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Sahabat Dunia Pendidikan, Keterampilan membaca berperan penting dalam kehidupan kita karena pengetahuan diperoleh melalui membaca. Oleh karena itu, keterampilan ini harus dikuasai peserta didik dengan baik sejak dini.

Dalam Pelaksanaannya GLS melibatkan berbagai pihak di berbagai tingkatan mulai dari pemangku kepentingan di tingkat pusat, daerah, satuan pendidikan sampai masyarakat. Tiap pihak yang terlibat dalam pelaksanaan GLS memiliki peran masing-masing. Penjelasan mengenai peran masing-masing pemangku kepentingan dijabarkan dalam dokumen Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Di dalam dokumen tersebut juga dijelaskan konsep, definisi, struktur koordinasi, strategi, gambaran umum tahapan kegiatan dalam GLS, serta monitoring dan evaluasi.
Buku Pedoman GLS
Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah SD, SLB, SMP, SMA dan SMK Lengkap
Buku Panduan GLS ini berisi penjelasan pelaksanaan kegiatan literasi yang terbagi menjadi tiga tahap, yakni: pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran beserta langkah-langkah operasional pelaksanaan dan beberapa contoh praktis instrumen penyerta.

Sebagai pedoman bagi seluruh satuan pendidikan dasar maupun pendidikan menengah, berikut links download selengkapnya Buku Panduan Gerakan Literasi di Sekolah SD, SLB, SMP, SMA, SMK dan selengkapnya, silahkan klik pada link berikut ini :
  1. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di-SD.pdf
  2. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di-SLB.pdf
  3. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di-SMP.pdf
  4. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di-SMA.pdf
  5. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di-SMK.pdf
  6. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.pdf
  7. Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah.pdf
  8. Buku-Saku Gerakan Literasi Sekolah Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.pdf

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.

Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik / siswa serta dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik dalam Kegiatan Membaca minimal 15 Menit Membaca Buku Nonpelajaran Sebelum Waktu Belajar Dimulai
.
Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Lengkap Untuk Semua Jenjang


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »