Jadwal Lengkap POS ANBK 2023

Diposting oleh On 3:44 PM

Jadwal Lengkap POS ANBK 2023

ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah ujian nasional berbasis komputer yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia. ANBK bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam bidang kompetensi dasar yang diatur dalam Kurikulum 2013.
Jadwal Lengkap POS ANBK 2023

Jadwal ANBK biasanya diumumkan oleh Kemendikbud setiap tahunnya melalui situs resmi dan sosial media. Namun, jadwal pastinya dapat berbeda-beda tergantung dari kebijakan Kemendikbud dan kondisi pandemi Covid-19.

Biasanya, ANBK dilakukan setelah pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional. Setelah peserta didik mengikuti ujian, hasilnya akan dikirimkan ke Kemendikbud dan digunakan sebagai dasar dalam menentukan kelulusan siswa pada jenjang pendidikan tertentu.

Sebelum mengikuti ANBK, peserta didik akan menerima persiapan dan pelatihan terlebih dahulu dari sekolah masing-masing. Pelatihan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi ujian berbasis komputer dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang kompetensi dasar yang diuji dalam ANBK.

Selain itu, Kemendikbud juga memberikan panduan bagi sekolah dan peserta didik mengenai teknis pelaksanaan ANBK, seperti waktu ujian, cara mengakses sistem ujian, serta jenis dan format soal yang akan diujikan.

ANBK sendiri memiliki beberapa jenis ujian, yaitu ANBK SMP, ANBK SMA/SMK, dan ANBK Paket C. Setiap jenis ujian memiliki kompetensi dasar yang berbeda sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, ANBK menggunakan sistem ujian berbasis komputer yang terintegrasi dengan jaringan internet. Peserta didik akan diberikan waktu tertentu untuk menjawab soal-soal yang telah disiapkan oleh Kemendikbud. Setelah selesai, hasil ujian akan dikirimkan secara otomatis ke server Kemendikbud.

Baca Juga: POS Akreditasi 2023

Hasil ujian ANBK ini kemudian akan digunakan sebagai salah satu penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik pada jenjang pendidikan tertentu. Selain itu, hasil ujian ANBK juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dalam pengembangan kurikulum dan sistem pendidikan di Indonesia.

Link Download



POS 2 ANBK 2023

Demikian penjelasan singkat materi Jadwal Lengkap POS ANBK 2023 semoga bermanfaat bagi kita.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »