Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah

Diposting oleh On 11:56 AM

Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah

Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah (Indikator: Visi Misi Sekolah) Formulir Refleksi Tindak Lanjut

Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah


Pilihan Belajar

Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:

Saya mendapatkan inspirasi untuk menerapkan pemahaman tentang visi misi yang sudah saya ikuti selama pelatihan mandiri. Diskusi bersama guru, rekan sejawat dan atasan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Kolaborasi dengan warga sekolah melalui kesepakatan, memberi kesempatan untuk belajar dari pengalaman mereka dalam menerapkan visi misi sekolah serta memperkaya praktik saya dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman, nyaman, menyenangkan, inklusif dan berpusat pada murid.

Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:

Saya mulai mengadopsi pendekatan yang lebih terstruktur dalam menyusun visi misi sekolah yang berpusat pada peserta didik. Saya juga mengintegrasikan strategi dari hasil diskusi bersama guru, rekan sejawat dan atasan sehingga berdampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, saya juga lebih aktif berkolaborasi dengan warga sekolah dalam memperbaiki praktik visi misi sekolah berdasarkan hasil refleksi.

Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:


1.Mengubah pola pikir warga sekolah yang terbiasa dengan menganggap visi misi sekolah itu tidak begitu penting terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

2.Menyesuaikan strategi penerapan visi misi sekolah dengan kebutuhan individual setiap siswa, sambil memastikan tetap memberikan lingkungan yang mendukung untuk kebutuhan semua siswa.

3.Konsistensi dalam menerapkan pendekatan holistik, terutama aktif berkolaborasi dengan warga sekolah dalam memperbaiki praktik visi misi sekolah.

Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:

1.Memberikan pemahaman kepada warga sekolah tentang manfaat dari tercapainya visi misi sekolah.

2.Menggunakan pendekatan diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan individu siswa.

3.Membuat pedoman perilaku yang jelas dan konsekuen (keyakinan sekolah), melibatkan semua warga sekolah menyusun visi misi, serta memberikan umpan balik secara konsisten untuk memperbaiki praktik visi misi sekolah.


CATATAN PENTING:

SIMPAN DRAF DULU JIKA ANDA BELUM YAKIN DAN LANGSUNG KLIK KUMPULKAN JIKA SUDAH BENAR-BENAR YAKIN ATAS JAWABAN ANDA

 

Pilihan Belajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:

Saya mendapatkan inspirasi bahwa melalui refleksi atas tindakan yang telah kita lakukan, kita dapat menemukan ide-ide baru tentang visi misi untuk mencapai pembelajaran yang berpusat pada murid. Diskusi dengan rekan kerja dapat membuka wawasan baru. Dari percakapan ini, kita mendapatkan ide-ide segar dan solusi untuk tantangan yang dihadapi. Pelatihan dan seminar memberikan kesempatan untuk belajar dari ahli di bidang tertentu. Inspirasi bisa datang dari materi yang disampaikan.

Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:

Dengan ide-ide baru penerapan visi misi saya dapat menumbuhkan suasana sekolah yang menyenangkan. Saya selalu berdiskusi dengan guru, rekan sejawat dan atasan tentang program sekolah yang baik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Saya juga mengikuti pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kompetensi dalam mengembangkan diri sehingga mendapatkan inspirasi tentang penerapan visi misi untuk mencapai pembelajaran yang berpusat pada murid.

Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:

1.Memastikan semua terlibat dalam proses pembentukan visi misi sekolah.

2.Memastikan kolaborasi yang efektif dengan rekan guru tanpa mengganggu tugas-tugas lainnya

3.Menentukan pelatihan dan seminar yang cocok dengan pengembangan visi misi sekolah

Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?

Jawaban saya kurang lebihnya sbb:

1.Melibatkan semua warga sekolah secara aktif dalam merancang dan menyusun visi misi sekolah

2.Berbagi pengalaman dan mendiskusikan dengan rekan guru, serta menerapkan waktu regular untuk rapat atau diskusi

3.Memilih pelatihan dan seminar yang paling cocok dengan visi misi sekolah yang akan kita kembangkan

Demikian, dan semoga materi Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah dapat bermanfaat

Download filenya sbb:

Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah word disini

Isian Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Kepala Sekolah pdf disini

CATATAN PENTING:

SIMPAN DRAF DULU JIKA ANDA BELUM YAKIN DAN LANGSUNG KLIK KUMPULKAN JIKA SUDAH BENAR-BENAR YAKIN ATAS JAWABAN ANDA


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »